Mencicipi Buah Unik yang Langka - Jejak Biru
News Update
Loading...

Senin, 05 November 2018

Mencicipi Buah Unik yang Langka


Buah adalah salah satu makanan favoritku untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Setiap buah memiliki ciri khas tersendiri, serta hal yang unik yang dimiliki oleh buah tersebut. Tadi pagi, aku dapet satu buah ini, yang sebelumnya belum pernah aku liat atau aku cicipi. Buah apa namanya, vid ?

Lek orang jawa ngarani "Mentegho", kata vida. Temenku yang ngasih buah itu. Oalah... Mirip mentega kah, rasanya ? Atau seperti apa ? Warnanya yang merah merekah itu nampak seperti mahkota dewa namun 'versi' yang lebih berisi.


 Dan anehnya, waktu aku tanyain ke teman-teman, apa ada yang pernah makan buah ini ? Mengejutkan ! Tidak ada satupun yang pernah mendengar istilah "Mentegho / Mentega" maupun mencicipinya. Aku semakin penasaran. Kata vida enak, sih.. Manis, dan aku dikasih satu untuk dibawa pulang. Hehehe, lumayan kan ya, rezeki gaboleh ditolak, hihihi... Oh iya, sebelum mencicipinya, aku cari tau dulu, seperti apa buah ini, apakah benar namanya mentega ? Dan darimana asalnya ? Kok sampe sekarang aku baru tau di jaman yang modern seperti ini. Langsung deh ceritanya aku browsing.


Benar saja. Namanya buah Mentega, sering disebut juga buah bisbul. Buah ini endemik kalsel alias buah khas dari Kalimantan Selatan. Buah ini sangat langka ditemui saat ini, dan munculnya hanya sekali dalam setahun, yakni di musim-musim tertentu saja. Namun, sayang. Karena sebab itu lah, buah ini kini jarang sekali terdengar apalagi diketahui anak 'milenial' saat ini.

Beruntung, nggak aku bisa nyicipin buah ini ? Aku bersyukur alhamdulillah dapat men-icip-icip ria rasa buah ini yang ternyata tak kalah unik dari tampilannya.



 Buah ini tak hanya unik dari tampilannya saja, gengs, yang mirip apel namun sedikit berburu dan keras seperti kain beludru. Rasa yang memanjakan lidah saat memakannya itu sangat unforgottable deh... Rasa manisnya dominan, disusul rasa sepat, dan rada masam dikit. Buah ini juga kaya akan serat, saat kita makan itu dagingnya tidak seperti apel kandungan airnya.

Banyak manfaat yang didapat setelah mengkonsumsi buah ini loh.. Antara lain dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh, karena seratnya yang baik untuk kesehatan.

Mencegah anemia juga, karena kandung zat besi nya yang tinggi, sehingga dapat dijadikan antibiotik dari penyakit anemia. Serta masih banyak lagi


Alhamdulillah, gengs... Kali ini aku bisa sharing-sharing sedikit tentang pengalamanku nyicipin buah unik yang bernama Mentega/Bisbul ini. Semoga kalian juga bisa mengkonsumsi buah ini ya... Cobain lah, sekali doang nggak papa. Atau ada yang rutin mengkonsumsinya ? Bisa kalian share dibawah biar pengunjung lain pada tau ya.... Salam dari #jejakbiru

Comments


EmoticonEmoticon


Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done