Senin, 05 November 2018


Buah adalah salah satu makanan favoritku untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh. Setiap buah memiliki ciri khas tersendiri, serta hal yang unik yang dimiliki oleh buah tersebut. Tadi pagi, aku dapet satu buah ini, yang sebelumnya belum pernah aku liat atau aku cicipi. Buah apa namanya, vid ?

Lek orang jawa ngarani "Mentegho", kata vida. Temenku yang ngasih buah itu. Oalah... Mirip mentega kah, rasanya ? Atau seperti apa ? Warnanya yang merah merekah itu nampak seperti mahkota dewa namun 'versi' yang lebih berisi.


 Dan anehnya, waktu aku tanyain ke teman-teman, apa ada yang pernah makan buah ini ? Mengejutkan ! Tidak ada satupun yang pernah mendengar istilah "Mentegho / Mentega" maupun mencicipinya. Aku semakin penasaran. Kata vida enak, sih.. Manis, dan aku dikasih satu untuk dibawa pulang. Hehehe, lumayan kan ya, rezeki gaboleh ditolak, hihihi... Oh iya, sebelum mencicipinya, aku cari tau dulu, seperti apa buah ini, apakah benar namanya mentega ? Dan darimana asalnya ? Kok sampe sekarang aku baru tau di jaman yang modern seperti ini. Langsung deh ceritanya aku browsing.


Benar saja. Namanya buah Mentega, sering disebut juga buah bisbul. Buah ini endemik kalsel alias buah khas dari Kalimantan Selatan. Buah ini sangat langka ditemui saat ini, dan munculnya hanya sekali dalam setahun, yakni di musim-musim tertentu saja. Namun, sayang. Karena sebab itu lah, buah ini kini jarang sekali terdengar apalagi diketahui anak 'milenial' saat ini.

Beruntung, nggak aku bisa nyicipin buah ini ? Aku bersyukur alhamdulillah dapat men-icip-icip ria rasa buah ini yang ternyata tak kalah unik dari tampilannya.



 Buah ini tak hanya unik dari tampilannya saja, gengs, yang mirip apel namun sedikit berburu dan keras seperti kain beludru. Rasa yang memanjakan lidah saat memakannya itu sangat unforgottable deh... Rasa manisnya dominan, disusul rasa sepat, dan rada masam dikit. Buah ini juga kaya akan serat, saat kita makan itu dagingnya tidak seperti apel kandungan airnya.

Banyak manfaat yang didapat setelah mengkonsumsi buah ini loh.. Antara lain dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh, karena seratnya yang baik untuk kesehatan.

Mencegah anemia juga, karena kandung zat besi nya yang tinggi, sehingga dapat dijadikan antibiotik dari penyakit anemia. Serta masih banyak lagi


Alhamdulillah, gengs... Kali ini aku bisa sharing-sharing sedikit tentang pengalamanku nyicipin buah unik yang bernama Mentega/Bisbul ini. Semoga kalian juga bisa mengkonsumsi buah ini ya... Cobain lah, sekali doang nggak papa. Atau ada yang rutin mengkonsumsinya ? Bisa kalian share dibawah biar pengunjung lain pada tau ya.... Salam dari #jejakbiru

Faisol Abrori

29 komentar

Saya penasaran dengan mahkota dewa, bentuknya mirip dengan buah ini, orang bisa salah makan atau nggak ya??

REPLY

Aku belum pernah coba. Tapi kayanya pernah lihat deh... Apa jangan-jangan aku pernah coba ya hahhaa... lupa.. dan gabisa bayangin rasanya gimana.

REPLY

sepertinya nggak sampe salah makan deh mas... karena kalo buah Mentega ini lumayan besar daripada mahkota dewa... dari permukaan kulitnya juga berbeda, saya hanya menyamakan dari warna saja... hehehhehe

REPLY

wahh baru tau saya ada buah itu.. penasaran sama rasanya :)

REPLY

wah jadi penasaran juga pengen nyicip buah unik ini, langka juga yah ternyata buah ini

REPLY

xixixixi.... tapi ada yang bilang baunya agak-agak gimana gitu mbak... baunya menyengat

REPLY

hehehehe yuk cobain mas :)

REPLY

nah.... Yukk cobain mas

REPLY

Ini semacam buah kesemek atau apel gitu yah?

REPLY

iyaps mas, diantara keduanya. tapi masih dalam keluarga kesemek. hehehehe

REPLY

Waahh... Aku juga baru tau ttg buah ini. Penasaran deh gimana rasanya.

REPLY

penasaran together mas mirwan....

REPLY

wah baru tahu juga jd penasaran

REPLY

hahahaha sip.... semoga berkesempatan untuk nyobain ya kak...

REPLY

Wah, susah amat dapaetin buah metega, setahuns ekali dan pada musim tertantu dan nggak banyak. kalau ke Kalimmantan, masukin list buah yang harus dicari dan sama durian merah juga.

REPLY

dilihat dari luar kirain isinya empuk2 kayak jeruk rupanya begitu dibuka kayak apel. tp baru tahu ini juga sih ada buah kayak gitu

REPLY

Bener kak.... jadi list nih.. durian merah cocok juga kayaknya...

REPLY

wah.... sama kak, aku baru tau juga loh... semoga bisa mencicipinya juga yaa...

REPLY

eh jadi pengen ik, aku baru lihat ini lho

REPLY

iyaps mbak.... semoga bisa mencicipinya juga yaa

REPLY

aku baru tau buah mentega atau bisbul ini, warna luarnya cerah banget ya merah atau ungu pink fanta gitu, buah asli kalsel ini pohonnya banyak tumbuh dimana aja nih?

REPLY

cerahnya itu tergantung, mbak. ada yang cerah, ada yang redup. Nah, untuk buahnya sendiri di desa-desa juga ada biasanya, selain kalsel juga ada, tetapi ya gitu, langka...

REPLY

Aku baru tahu buah ini Sol...kayak mahkota dewa ya penampakannya. Btw,klo ditanam di Jawa, hidup nggak ya?

REPLY

hidup mbak... hidup... hehehehe

REPLY

Kayaknya enaaak... kayak ada manis-manisnya tuh buah dek

REPLY

iya mas... cobain yukk

REPLY

Teksturnya seperti bengkoang kah? Tidak ada yang membudidayakan karena nampaknya nilai jualnya yang kurang. Ini masuk jenis buah hutan nampaknya

REPLY

Jejak Biru . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates