Kamis, 22 November 2018



Jember merupakan salah satu tempat surgawi di pesisir pantai selatan Jawa. Bukti keindahan tersebut, dengan adanya pantai PAPUMA yang cukup membanggakan Jember. Nah, PAPUMA ini termasuk salah satu Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi wisatawan saat mampir ke Jember. Yuk simak pembahasanku kali ini.

Minggu, 2 September 2018 aku berkesempatan ikut dalam rombongan Sueger Camp yang mana ini merupakan kumpulan Travel Blogger keren yang sudah disaring se - nasional, kemudian diajak untuk menikmati indahnya wisata Jember, dan mengajak untuk berkontribusi dalam menuliskan artikel di blog masing-masing tentang Destinasi Wisata Jember yang bisa Dikunjungi Wisatawan.

Oke, estimasi waktu perjalanan waktu itu 1 jam (dihitung dari pusat kota Jember - Pantai Tanjung Papuma) saat perjalanan, aku pribadi ngerasa jalanannya itu mulus banget, namun ketika sudah memasuki kawasan menuju tempat itu langsung, jalanan seketika curam, jadi tetap hati-hati ya gaes..


Langsung kami satu bus pun tiba di lokasi yakni Pantai Tanjung Papuma. Pantai Tanjung Papuma atau akrab disebut Pantai Papuma ini adalah salah satu pantai yang membentang di wilayah Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kata "Papuma" sendiri merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan, namun daerah sekitar sudah lumrah dengan sebutan "Papuma"

Pantai yang eksotis ini, mampu membuat aku terbungkam, birunya itu sangat melekat, sehingga aku seketika melongo dan menikmati ciptaanNya yang sangat istimewa, dan bersyukur banget bisa kesini untuk pertama kalinya.

Hah ? Pertama Kali ?


Iya, memang terdengar 'aneh' dan bahkan banyak diantara temen-temen satu rombongan yang menyayangkan kenapa baru pertama kali meninggalkan jejak di Pantai Tanjung Papuma, padahal satu kota.

Iya, kurang piknik aku tuh, namun walaupun dicerca, dimaki (ah, lebay) aku tetap terpesona dengan keindahan alamnya. Pasir putihnya terhampar luas, sepanjang garis pantai ada perahu yang menambah nuansa "etnik" nya.

Ngapain aja di Papuma ?


Kami dipandu untuk menuju sebuah menara Siti Hinggil, yang letaknya tak jauh dari lokasi utama pantai. Katanya, disini bisa melihat indahnya pantai PAPUMA secara menyeluruh, konon tempat ini juga memiliki nuansa romantisme yang pekat.

Oke deh, cuacanya terik banget waktu itu, namun kami tetap  menyusuri jalan demi jalan mengikuti Travel guide nya, kami hampir tiba, dan tiba-tiba terkesima. Bener-bener deh, nggak salah kalo  teman-temanku banyak yang mengatakan tempat ini hits dan Instagramable. Karena tangga yang akan dinaiki pun dihiasi menyerupai pelangi. Wah bener-bener keren dan kreatif nih.


Jadi naik keatas deh kita. Menaranya itu sedikit lumayan tinggi, namun sebanding lah, dengan panoramanya yang sangat memukau. Intinya kami tiba diatas. Diatas menara, sudah terdapat bapak-bapak yang waktu itu menyediakan es kelapa muda untuk diminum oleh peserta Sueger Camp. Dalam hati "Wah mantap, panas-panas gini minum es degan"

Kami pun 'nyempetin' foto bareng, dengan banner Sueger Camp, juga foto pribadi bersama mas Rizki, mbak Nyi, dan mas ilham. Masa iya, kita disebut Nobita, Giant, Sizuka sama Suneo sama netijen, hahaha namanya juga netijen. Ini menurutku tempat yang rekomendasi banget, apalagi buat temen-temen yang ingin melakukan piknik keluarga, maupun solo traveling sendiri ke sini bisa banget.


Tiket masuk lokasi wisata ini dimulai dengan harga 20 ribu, kalian bisa mengunjungi tempat wisata yang hits di Jember ini. Oh iya, catatan untuk Traveler nih, karena di tempat ini menyediakan penginapan seharga mulai dari 70 ribu rupiah per malam, sehingga cocok buat yang ingin mengunjungi Papuma lebih dekat.

Bagaimana kawan ? Semoga bisa menjadi rekomendasi tempat wisata untuk kalian yang ingin mengunjungi Jember.


Faisol Abrori

15 komentar

Dan, sesuai firasatku, ini pasti yg pas Sueger Camp kemaren. Mau balik lagi kesana ga Sol?

REPLY

heheheh iya mbak prita... mau laah *eh Wkwkwkwkwk

REPLY

Wah pantainya keren nggak kalah dengan di Aceh!

REPLY

alhamdulillah mas indra... indahnya itu membuat mata terpesona...

REPLY

Moga suatu saat sy ba berkunjung ke Jember juga

REPLY

amin..... siap mbak, smoga bisa mengunjungi destinasi wisata di Jember yaa

REPLY

Tenar banget dah Jember berkat kamu Sol, yakin

REPLY

Wah penginapannya murah sekali, mulai 70rb an.


Senengnya kamu.. Semoga terus eksis menulis ya.. Sebarkan temen-temen sekolah biar ikut ngeblog. Nanti pas ada acara gini bisa bareng sama temen-temen sekolah.

REPLY

duh... karena Blogger Jember Sueger mas, Jember bisa masyhur seperti saat ini.. saya sami'na wa atho'na aja hehehehehe

REPLY

halo kak eri.. terimakasih sudah mampir ya... InsyaAllah terus menyebarkan aura positif ke teman-teman.... makasih banyak ya kak..

REPLY

Mas faisol kalau bisa ada vlog sedikit stiap kunjungan wisatanya biar kita pembaca bisa merasakan suasana disana walau hanya melalui video..

REPLY

wah kalo vlog masih belum bisa mas, karena basic nya masih di blog

REPLY

wedew, mantul nih destinasi wisata papuma, jadi pengen cepet-cepet kesini nih, tempatnya juga instagramable banget :D

REPLY

hahahaha mas Rizki ayo ke papuma....

REPLY

Boleh juga nih, tempatnya. Kayaknya seru.

REPLY

Jejak Biru . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates