Rabu, 28 November 2018

Sekolah merupakan tempat para pelajar untuk menimba ilmu. Disini, juga menjadi tempat berkumpulnya antara guru dan murid dengan diadakannya kegiatan Belajar Mengajar. Oh iya, sekolahku bukan sekolah biasa, lho.. Kenapa aku bilang begitu ? Aku akan jelasin dengan lengkap di artikel ini.

Sekolahku, MAN 1 Jember




Setiap sekolah harus memiliki standar tersendiri untuk membuat lingkungan belajar jadi semakin nyaman. Tidak cukup hanya penuh dengan prestasi akademik dan non akademiknya saja, tetapi lingkungan harus sebisamu mungkin asri, teduh, sehingga membuat belajar serasa di alam terbuka.

Baru-baru ini, MAN 1 Jember mengadakan program terbaru untuk pemberdayaan lingkungan. Sebenernya sih, sekolahku sudah ditanami pohon palm yang tumbuh rindang, menengahi jalan setapak. Tapi eh tetapi, itu pohon atas nama sekolah, dan yang ngerumat itu pak kebun. Dan periode kali ini, beda.


Staff pengajar disini, sepakat untuk membuat kebijakan baru, yakni pengolaan taman kelas. Kalau kalian pernah nonton upin ipin episode lomba keindahan taman, kurang lebih sama, MAN 1 Jember juga ngadain program serupa. Ya, MAN 1 Jember kan salah satu MAN percontohan di Indonesia, oleh karena itu harus bisa dicontoh dari berbagai hal. Salah satunya adiwiyata sekolah.

Setiap kelas diberikan wilayah (lahan) untuk dikelola semaksimal mungkin. Kelasku juga nggak mau kalah, dong... Pot di cat sedemikian rupa, sehingga membuat taman depan kelas like a jungle. 
Hahahaha... hutan, men... Luasnya nggak seberapa sih, ngerumatnya yang agak susah. tapi emang sebanding dengan hasilnya ya... lahan di depan kelas semakin tertata, dan semua warga sekolah jadi bahagia...

Yang bikin aku takjub itu taman milik XII MIPA 2, itu ada jerapah-jerapahannya, dan disamping kanan-kirinya terdapat angsa-angsa yang dibuat dari botol bekas yang disulap dengan kreatifitas siswa menjadi karakter angsa yang keren banget..


Dampak Positif Kebijakan ini


Uhuyyy, yang terutama siswa bisa jadi kreatif. Dunia selalu membutuhkan orang-orang yang kreatif dalam mengelola suatu pekerjaan, sehingga dapat memunculkan gagasan baru. Ya ini berguna banget di masa depan. Apalagi siswa siswi sudah dibekali ilmu tentang penataan taman secara efisien, membantu banget pasti.
Selain itu, kegiatan ini juga dikompetisikan loh..Jadi kalo bagi aku pribadi sangat memotivasi antar kelas untuk bisa menjadi yang nomor satu, mungkin beberapa minggu depan, sudah diumumkan pemenangnya.

Rasa Tempat Wisata



Ya, di sekolahku ini aku bisa menemukan bentuk taman yang unik, kreatif, dan inovatif. Semuanya itu juga didesain dengan bahan yang sudah tidak terpakai agar terlihat semakin WOW, dan irit biaya tentunya.

Abis belajar di kelas, langsung jalan-jalan keliling taman deh, sekaligus refreshing, juga melihat keadaan sekitar. Nah, kalau kalian apa punya cerita tentang desain sekolah yang bisa dibilang 'unik' ? Share di komentar ya...



Gimana reaksi kalian setelah baca postingan ini ?

14 komentar

Madrasah terbaek 😍

REPLY

Smoga lbih solid lgi dah

REPLY

Keren banget penataan tamannya. Patut ditiru nih. Eh, kok ada tanaman yang layu, hahahaha.... Overall, sukaaa...

REPLY

Ooh angsa-angsa itu dari botol bekas ya, baguuuuus. Kreatif2 nih murid-muridnya :)

REPLY

Sekolah yang indah dan rapi itu pasti jadi idaman banget, karena siswanya pun bakalan nyaman dalam menuntut ilmu. BTW sarannya sih itu tanamannya dirawat lagi jangan sampai ada yang layu dan mati hehehe :D

REPLY

Majesa ku terbaekk��
Jadi rindu...
Dirawat terus ya dan sukses selalu

REPLY

Lucu dehh jadi rindu ingin sekolah kembali🤗,tetep jadi madrasah yg di impikan semua orang 🙏

REPLY

Keren.. Suka liatnya kayak surga..

REPLY

Bagus banget kreatif, paling aku suka pot kuning ituuu lucuu..
jember yaaa
Bapak mertua aku dari sekitar sana..

REPLY

Tamannya lucuuuuu
kreatif nih. Sayang itu tanaman yang di pot agak layu, rajin-rajin di siram yaaaa

REPLY

Learn by doing, mengajari anak didik memahami lingkungan dg praktek lnsg, dan tanggung jawab perawatannya memang hrs nya kepada murid itu sndiri biar ada rasa memiliki.

Perlu dicontoh di sekolah lain, apalagi diajarkan sejak dini

REPLY

Masya Allah, kreatif sekali ini

REPLY