Serunya Menjadi Traveler Jaman Digital - Jejak Biru
News Update
Loading...

Senin, 19 November 2018

Serunya Menjadi Traveler Jaman Digital


Dunia selalu memiliki rahasia dan keindahan yang tidak akan terungkap kecuali ketika kita menjelajahinya. Seperti itulah hal yang mendasari aku menjadi Traveler atau Travel Blogger. Dengan menulis artikel kali ini, aku akan menjelaskan seperti apa kemudahan dan kesenangan yang bisa didapat dari menjadi Travel Blogger di Era Digital saat ini.

Travel Blogger 

Travel Blogger sendiri adalah genre Blogger, yang memiliki blog berisi tentang traveling, tempat wisata, juga tips mengenai trip dan travel. Selain itu, konten di sosial medianya pun satu "niche" sehingga sangat digemari berbagai macam kalangan. Travel Blog saat ini tengah diminati untuk dikembangkan oleh Blogger-Blogger, terbukti dengan adanya grup-grup travel Blogger misal ID Corners, yang memiliki member Travel Blogger yang berkualitas.

aku memutuskan untuk terjun di dunia traveling kurang lebih 4-5 bulan yang lalu, sebelumnya sudah nulis sih di www.faisol.id tapi blog tersebut sepertinya sudah tidak layak untuk menjadi Travel Blog, sehingga inisiatif lain aku harus membuat blog ber niche Traveling dan kemudian, jadilah blog Jejak biru ini.


Travel Blogger Zaman Dulu VS Zaman Digital


seperti informasi yang aku baca dari salah satu Travel Blogger hits, kak Mirwan tentang 8 Perbedaan Traveler zaman dulu dengan zaman sekarang, itu bener-bener beda banget. Nah, zaman dulu nih, menjadi Traveler itu bukan hal yang mudah. Mengapa aku katakan begitu ? Karena mereka harus beradaptasi dengan segala keterbatasan, pengetahuan, juga berbagai macam akses lainnya. Ternyata hal tersebut yang menghambat proses majunya konten traveling kala itu.

Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi pun kian meningkat dan bertambah penggunanya di kalangan masyarakat milenial saat ini.

Dulu, Traveler mengetahui informasi suatu tempat atau spot wisata dari mulut ke mulut, itu terdengar sangat mengharukan. Coba bayangkan dengan era milenial saat ini, dimana sebelum traveler mengunjungi suatu spot wisata, bisa membaca terlebih dahulu, di blog-blog rekomendasi artikel online, sehingga menurut aku pribadi, adanya Travel Blog itu sangat penting karena semakin membuat persiapan perjalanan menjadi lebih mudah.

Oleh karena itu, Traveler yang awalnya hanya berorientasi untuk kesenangan dan kepuasan pribadi, maka sekarang banyak yang mengubah mindset mereka dan berorientasi untuk berbagi keceriaan tentang suatu tempat wisata kepada calon pengunjung. Itu sebuah kebahagiaan tersendiri.
Selain itu, dalam membangun branding yang kuat, maka seorang Travel Blogger melakukan hal-hal yang positif seperti mengadakan agenda wisata bulanan, atau mingguan, bahkan full time traveler. Sangat Amazing ! Nah, tujuan agenda wisata tersebut untuk apa sih ?

Tujuan agenda wisata yakni untuk terus update konten blog, maupun sosial media. Karena jika kita tau, banyak sekali calon pengunjung yang menantikan konten traveling para Traveler tersebut. Ini merupakan tuntutan yang mengasyikkan bagi para traveler, sekaligus tantangan tersendiri untuk bisa menuliskan keindahan alam sekaligus menikmati alam itu sendiri.

Apa nggak buang-buang duit ?


Kalo ditanya apa hal tersebut tidak buang-buang duit ? Eits, jangan salah... Travel Blogger saat ini sudah banyak digandeng agen-agen tour and travel yang memberikan diskon besar-besaran kepada mereka, bahkan ada yang menggratiskan uang jalan-jalan. Selain itu, biasanya banyak travel blogger yang ketenarannya sangat luar biasa, seperti Koh Deddy Huang , Mirwan Chocky, dan travel Blogger lainnya menjadikan itu sebagai salah satu jalur masuknya pundi-pundi rupiah ke kantong kita.

Nah, memberikan pengaruh kepada orang lain adalah hal yang sangat aku sukai. Jadi gampangnya seperti ini.. Jadi Traveler atau Travel Blogger itu enak banget, jalan-jalan, senang-senang, menikmati indahnya ciptaan tuhan, banyak teman, menebar senyuman, memberikan wawasan, atau bahkan sampai jadi penghasilan.

Nah, kalau sudah gini, pasti kita terhasut untuk menjadi Travel Blogger. Maka dari itu, berikut aku akan share gimana cara memulai membuat Travel Blog. Simak dengan teliti ya...

1. Pastikan bahwa kalian suka jalan-jalan


Ini awal yang mendasar banget, suka jalan-jalan itu yang utama. Kalau kalian ngerasa ngetrip itu bisa menyegarkan otak juga hati, maka cobalah dulu untuk mencintai desa atau kota sendiri. Percayalah, sedikit banyak kita belum melakukan explore yang merata terhadap tempat - tempat hits di tanah sendiri. Sehingga, bisa hal tersebut dijadikan modal dasar.

2. Langsung bikin Blog


Faisol, aku bingung, bener nggak aku langsung bikin blog gitu aja ?

Ya, luruskan niat, bikin blog untuk membantu orang lain saat membutuhkan informasi mengenai destinasi wisata, jadikan itu sebagai alat untuk menebar kebaikan. Bener, kan ?

Oke, sebelumnya kalian harus bisa memilih lebih menggunakan blogspot atau WordPress premium ? Kalau blogspot itu, enaknya antara lain : Gratis, dalam artian tidak butuh hosting, hanya domain saja. Juga blogspot itu kan milik Google, jadi Google menjamin bahwa kemungkinan yang sangat kecil jika ada yang meng-hack akun sobat, karena keamanannya sudah terjamin.

Aku pribadi lebih merekomendasikan sobat untuk memakai WordPress karena blog yang didekasikan pada WordPress itu dinilai premium, serta banyak fitur-fitur premium, sehingga terasa benar-benar kalian memiliki seutuhnya blog tersebut.
Contohnya Travel Blogger yang memakai WordPress yakni : Deddy Huang, Sharon, Heyhotraveler dan lain sebagainya. Dengan demikian, kualitas tulisan tidak main-main, kualitas fotonya apalagi, ciamik banget. Ini dikarenakan, benar-benar go profesional dalam membangun blog berbasis traveling.

Oke deh, kalau kalian benar-benar ingin menjadi Travel Blogger yang profesional, mulailah dengan mendaftarkan domain + hosting untuk WordPress di Domainesia. Ada beberapa alasan kita bisa memilih Domainesia sebagai tempat untuk meng-host blog kita, mari simak bersama-sama.
Kelebihan Domainesia

Domainesia yang sudah melayani lebih dari 45.000 blog/website, terus mengupayakan kualitas dan potensi pemasaran yang pas untuk kemudahan Blogger dalam melakukan setting blog, termasuk mempermudah dalam mengatur blog dengan niche traveling. Salah satu langkah yang dilakukan antara lain fitur istimewa instant deploy.


Fitur instant deploy sendiri adalah fitur istimewa yang diberikan khusus kepada Blogger yang menggunakan Hosting murah Indonesia Domainesia, ini tentunya kebahagiaan tersendiri karena kita hanya tinggal mendapatkan blog telah jadi dan siap diisi artikel.

Bagaimana sih Cara Membuat Blog untuk kita ? Kita tidak perlu khawatir, karena Domainesia telah menyediakan panduan khusus untuk membuat website dari nol. Jadi kerasa diajarin sampe bisa ya...

Hal istimewa lain yang menjadi kelebihan domainesia adalah fitur cloudhost backup, jadi dengan fitur ini bisa membackup data-data di blog kita, agar tidak hilang ketika terjadi hal-hal yang dilakukan tidak sengaja.Selain itu, Domainesia memiliki price hosting murah dimulai dari 8000 per bulan, itu mengapa aku sarankan untuk kalian yang ingin menjadi profesional Travel Blogger bisa membuat blog dengan mudah dan murah di Domainesia 

Dengan berbagai kenyamanan yang diberikan tersebut, aku rekomendasikan teman-teman untuk bisa memanfaatkan fitur instant deploy, karena kita hanya terima jadi dan itu pun website sudah dalam keadaan finish, tinggal pakai. Mudah, kan ?

Kemudian, setelah beres membuat blog, langkah apa yang bisa dilakukan selanjutnya ?

3. Bikin Wishlist Destinasi wisata rutin

Seperti yang sudah diatas aku ceritakan, bikin lah, daftar atau wishlist tempat yang harus dikunjungi untuk update wisata keren. Karena, otomatis kalau sudah cinta pada traveling (poin 1 diatas) maka kita akan merasa alam dekat dengan kita, dan menjelajah itu murah, tidak memakan biaya terlalu banyak, malah memberi pemasukan yang continue kedalam dompet kita.

Kembali ke destinasi wisata, ada berbagai macam tempat unik lokal terlebih dahulu, misal Labuan Bajo, ada juga Raja Ampat, dan wisata unik lainnya. Kalau aku kedepannya, aku bikin daftar yang harus dikunjungi, salah satunya yakni situs prasejarah di Jember. Karena jujur ya, di Jember masih banyak tempat-tempat yang tak kalah keren, karena masih terjaga keindahan serta kealamiannya, sehingga sangat beruntung apabila semakin banyak calon travel blogger yang membantu untuk menyebarkan keindahan spot wisata lokal.

4. Terus Continue


Konsisten tidak pernah mengkhianati hasil. Percayalah, jika kita sering atau terus menerus menghasilkan konten yang berkualitas, seperti yang diatas sudah dijelaskan, kita bisa memenuhi target, bahkan lebih dari itu, sesuai seberapa lelah kita memperjuangkannya

Nah, gimana teman-teman ? Jadi intinya mari jadi bagian perubahan dunia traveling, dengan menciptakan blog berbasis traveling sendiri dengan Domainesia, semakin murah, juga mudah
Semangat !!!!!

Comments


EmoticonEmoticon


Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done