Jumat, 02 November 2018

Sumber : reservasi.com

COBAN TALUN 


Malang kembali menjadi destinasi wisata untuk kegiatan rekreasi organisasi tepat di akhir periode. Nah, yang unik dari kegiatan wisata kali ini, adalah spot-spot wisatanya yang sedikit berbeda dari kemarin, yakni terletak pada spot wisata yang tahun kemarin berlokasi di tempat wisata coban rondo, pada tahun ini berlokasi di coban talun.


Coban talun sendiri merupakan spot wisata yang familiar di kalangan backpacker zaman now. Pasalnya, tempat yang memiliki rute yang cukup curam ini, akan menawarkan sejumlah Tempat-tempat yang unik yang ada disana. Oh iya, di coban talun sendiri juga menawarkan wisata utama yakni air terjun dengan ketinggian hingga 75 meter.

sumber : Instagram @iecienhong


Awal masuk dari parkiran, itu para wisatawan harus jalan kaki lumayan jauh, sekitar 1 km, karena area atau rutenya yang curam, sehingga teman-teman harus Berhati-hati ya, saat melewatinya. Jangan lupa pegang ilalang liar maupun bebatuan sekitar, agar kaki tidak tergelincir.

Semua susah dan jerih payah akan terbayarkan mengingat view alias panorama sekitar air terjun sangat asri, alam yang masih terjaga. Airnya pun terasa sejuk. Untuk tingkat kedinginan airnya tidak sedingin air dari coban rondo, yang membuat kuku jemariku menjadi ungu. Karena saking dinginnya. Namun, untuk air terjun ini standar lah.

Banyak sekali spot-spot menarik disana yang belum aku jelajahi. Seperti kawasan  taman bunga, Apache camp, dan rumah Pagupon. Mungkin dikarenakan waktu yang harus dikejar agar sesuai target. Namun hal itu tidak membuat saya sedih karena keindahan alam sangat memuaskan hatiku.

Banyak mitos mengenai tempat ini, misal jembatan yang bernama Jembatan Asmara. Dimana ada sebuah jembatan kecil yang hanya berukuran lebar kurang lebih 1  meter, dan panjang 14 meter. Konon, jembatan ini merupakan Tempat bertemunya Jaya Nalendra (pangeran kerajaan Kediri) dengan Dewi Seruni. Sehingga jembatan ini dinamakan jembatan asmara.


Unik memang, namun jangan sangka. Ternyata daerah coban talun ini juga memiliki nuansa mistis yang pekat. Banyak yang percaya jika tempat tersebut merupakan adalah kerajaan jin, dan tempat pembuangan mayat G30S/PKI di Malang. Nuansa horor semakin pekat, karena seringkali terjadi kesurupan bagi para pramuka yang berkemah di sekitar camping ground hutan pinus. Ya, pinus-pinus disini masih sangat terlihat asri, alami, dan terjaga, dan penuh nuansa mistis.

Berani kesana ? Namun, kalau saran aku sih, ada beberapa yang harus kalian perhatikan saat ingin pergi ke Coban Talun ini.

TIPS SEBELUM PERGI KE COBAN TALUN 


1. Bawa Bekal yang Cukup selama Perjalanan


Bukan tanpa alasan kalian harus membawa makanan atau bekal yang cukup selama perjalanan. Itu dikarenakan, kantin atau toko-toko yang menjual makanan berada di atas. Sedangkan, kalian harus turun kebawah untuk menuju spot air terjun. Sebenarnya waktu aku datang ke air terjun tersebut, dibawah ada yang jualan, namun tidak menutup kemungkinan toko tersebut tidak menjual keperluan dan bekal yang kita butuhkan. Intinya we must prepare lah ya... Karena ini juga demi kebutuhan dan kenyamanan kalian selama melakukan perjalanan.

2. Gunakan Sepatu untuk Kegiatan Outdoor


Terutama untuk wanita, untuk tidak menggunakan sepatu high-heels atau wedges. Gunakanlah sepatu spot, yang aman untuk kegiatan outdoor serta memberikan kenyamanan kepada kalian.

3. Datang di Waktu Kemarau


Jalanan yang curam, juga waktu aku kesana masih tanpa pegangan saat naik-turun spot. Sehingga, bisa dikatakan jalur atau track yang dilalui sangat curam. Usahakan pegangan kepada tebing, hati-hati. Mengapa aku rekomendasikan kalian berangkat di waktu kemarau ? Agar jalan yang dilalui tidak terlalu licin, sehingga bisa lebih menjaga keamanan. Dan juga agar bisa menikmati air terjun dengan cerah.

4. Jangan Berangkat saat Malam Hari


Oh iya, jangan kesini di malam hari, karena menurut informasi yang aku dapatkan, jalanan masih kurang penerangan, jadi lebih baik datang di pagi hari, sehingga udara sejuk Malang masih terasa, dan kalian bisa menikmati indahnya Coban Talun.

Bagaimana kawan ? Sekian dulu, artikel kali ini. Semoga kalian semakin cinta wisata di Indonesia, semakin terbantu untuk menuju spot-spot menarik di Malang, yakni Coban Talun.

BACA JUGA : WISATA COBAN RONDO 

Faisol Abrori

33 komentar

Bagus tempatnya ... jadi pingin ke sana

REPLY

hehehehehe kuy mbak... indah banget loh disana

REPLY

Wuih keren banget Sol, penginapanya juga keren banget ^^

REPLY

hehehe keren banget mas...

REPLY

Aku belum pernah ke Coban-coban ini. Mesti dijadwalkaan tampaknya. Makasih info dan tips nya

REPLY

sama-sama kang aip... semoga bermanfaat

REPLY

dah lama ga ke sini. udah makin cantik parah sekarang ya coban talun :)

REPLY

Iya mbak. Keren dah 😉

REPLY

wisata yg sangat menarik untuk dikunjungi , terima kasih mas faisol atas informasinya

REPLY

wihhh keren banget...ntar kapan" kesana tapi bareng mas faisol yaaa.wkwkwk

REPLY

Udah lama gak ke malang, ternyata ada wisata keren jadi kangen ke Kota apel ini lagi😊

REPLY

sama-sama mas adam... semoga bermanfaat yaa

REPLY

Yukk mbak.... jalan-jalan kesini

REPLY

Dulu pernah ikur acara kampus di coban rais sih, itu deket gak ya dari coban talun

REPLY

Bawa bekal emank harus klo destinasi yang dituju minim jualan biar gak kelaparan

REPLY

wah kurang tau mbak... next time semoga bisa kesana.

REPLY

siap... Bener banget... itu sangat penting kak

REPLY

Bagus banget. kapan2 cobain dateng kesana ah, pasti seger..

REPLY

seger banget kak.... kesini dah

REPLY

alhamdulillah... keren banget kak

REPLY

dulu ke coban talun sebelum seterkenal sekarang, iya temenku sempat kesurupan waktu camp disana

REPLY

wuihh ngeri ya mbak..

REPLY

Kalau mendengar spot air terjun, aku pasti langsung kepo ^^

Aku pernah ke air terjun Putri Malu di Way Kanan Lampung.
Tracknya sangat menguji nyali, sebanding lah dengan view yang menanti.
Monggo langsung 'search' dengan kata kunci Putri Malu ;)

Bak kata pepatah 'difficult roads often lead to beautiful destinations"

REPLY

nah... keren kak...

REPLY

Waa bole dicoba ni kalo ke Malang :D

REPLY

iyaps... ayo kesini kak...

REPLY

Mantebh kak...lanjutkan travellingnya, Indonesia luas dan indah-indah

REPLY

siap kak.... ayo keliling bareng

REPLY

Kudu pake sandal gunung kalo ke Coban Talun nih hehehe :) AKu pernah ke Coban Rondo udah lamaa banget. Kpn2 mau ah mampir ke sini. Jauh ga ya dari Rondo si Talun ini? Bawa bekal makanan dna minuman yg banyak ah Ga boleh nyampah ya inga2 buang sampah pada tempatnya :D

REPLY

Bener mbak... kebersihan harus dijaga saat traveling

REPLY

Wah, masukin wishlist ah kalo main ke malang lagi. Aku baru cobain coban pelangi. Yang lainnya belum ni. Padahal di malang banyak coban ya. Hehe

REPLY

Jejak Biru . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates