Tajin Palappa : Makanan yang #SitubondoBanget - Jejak Biru
News Update
Loading...

Sabtu, 05 Januari 2019

Tajin Palappa : Makanan yang #SitubondoBanget



Liburan akhir tahun sudah berakhir ya teman-teman, 2 minggu lamanya bersemedi di rumah, akhirnya kita masuk sekolah juga. Eits, euforianya tetep masih ada sampe sekarang ya, dan aku kali ini akan menceritakan tentang makanan khas dari Situbondo yang sulit ditemukan di tempat lain. Baca sampe tuntas, oke...

Tajin Palappa 


Tajin Palappa, yang artinya "bubur bumbu" adalah salah satu makanan yang terlintas jika ada yang menanyakan "Apa makanan khas Kabupaten Situbondo ?" Makanan ini sudah ada sejak dulu kala, dan turun temurun bahkan dilestarikan sampai saat ini. Disebut tajin palappa, karena tajin atau bubur ini disiram bumbu kacang + bumbu lainnya diatasnya. Untuk beberapa orang yang ada kendala atau masalah dengan kacang, bisa request "Tajin Palappa Mira" bedanya, kalau Tajin Palappa itu disiram bumbu kacang, tapi kalau Tajin Palappa Mira itu disiram bumbu petis yang nantinya warnanya cokelat agak kemerah-merahan sehingga disebut "Tajin Palappa Mira" atau bahasa Indonesia nya Bubur Bumbu Merah. Tergantung selera, sebenarnya sih...


Apa sih yang membuat Tajin ini berbeda ? 


Komponen yang membuat bubur ini unik dan berbeda, yakni terletak pada hongkong nya. Jadi, di Situbondo itu menyebut ote-ote dengan Hongkong, sejenis gorengan berbahan dasar tepung yang dalemnya itu ada kubis, wortel, dan tauge. Selain itu juga, jika biasanya kalian menemukan bubur ayam, yang mayoritas berbahan pangan hewani, (daging ayam, dan daging-daging lainnya) itu sangat berbeda dengan Tajin Palappa.

Tajin Palappa itu bisa dikatakan seluruhnya berbahan pangan nabati. Yups, sayuran semua isinya. Dari buburnya, ditambah santan sebagai penambah cita rasa. Diatasnya diberi rebusan kangkung dan potongan hongkong. Kemudian bumbunya kacang. Tentunya ini adalah perpaduan yang unik, yang membuat aku terngiang ngiang pada rasanya. Biasanya, ditemani kerupuk untuk menjadi pelengkap.

Penjual tajin palappa biasanya terletak di pinggir jalan. Misal kalian bisa temukan di dekat masjid An-Nur, kalau aku pribadi karena deket rumah sudah ada penjual Tajin Palappa langganan dari kecil (Langganan dari TK kali ya  😅) itu beralamat di Jalan Sucipto, Gang an-nur 3 RT 05 RW 03, Dawuhan, Situbondo, tinggal tanyakan saja, penjual Tajin Palappa yang namanya Bu Aas. ("a" nya dibaca 2 kali). Sebagai info, Tajin Palappa khas Situbondo rata-rata hanya ada di Pagi hari, selebihnya itu kalian tidak akan menemukan lagi.

Eh, sampe kelupaan harganya. Untuk satu porsi, hanya 3-5 ribu rupiah, kalian sudah kenyang gaes. Kalau mampir ke Situbondo kalian harus nyoba makanan khas ini, Tajin Palappa. Selamat ngiler !

PROMO MENARIK : Pesan Nasi Tumpeng di Sudirman
Comments


EmoticonEmoticon


Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done