Bangga Menjadi Pelajar sekaligus Blogger di Era Digital - Jejak Biru
News Update
Loading...

Rabu, 09 Januari 2019

Bangga Menjadi Pelajar sekaligus Blogger di Era Digital


Era digital menjadi tonggak awal berubahnya zaman. Saat ini, kita sedang berada di masa yang serba digital, yang berarti semua pekerjaan manusia, mayoritas menggunakan kecanggihan teknologi dan informasi saat ini. Aku pribadi sudah menyadari akan hal ini sejak remaja. Tepatnya saat SMP kelas 2, dimana saat itu, aku yang notabene-nya seorang pecandu dunia tulis menulis mulai memberanikan diri untuk masuk dalam dunia yang lebih khusus, yakni dunia Blogging.


Aku pribadi juga sadar bahwa saat ini negara Indonesia sedang krisis informasi. Setelah aku telusuri, dengan membaca berita dari kominfo, dijelaskan bahwa ada 800.000 situs penyebar hoax di internet Indonesia. Mereka adalah orang-orang tak bertanggung jawab yang menggunakan dunia digital dengan salah. Miris sekali. Ditambah dengan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan hoax yang mana 65 persen masyarakat Indonesia rentan memercayai berita hoax.


Miris sekali, bukan ? Oleh karena itu, aku ingin memberikan konten yang positif, mengedukasi, serta berusaha untuk mengajak teman-teman mengubah pola pikir mereka. Jadi, terkadang di grup kelas saja, masih banyak yang suka bertanya, "Kalau dapat sms seperti ini asli apa penipuan ?" trus kadang juga teman-teman melakukan broadcast berita yang belum dikonfirmasi kebenarannya, dan setelah aku tegur bahwa info ini hoax, mereka bilang "tidak tahu" rasanya hati ini teriris.

Dengan menjadi Blogger, aku bangga karena aku bisa menjadi bagian dari agen of change. Ya, agen perubahan negeri, karena negeri ini akan membutuhkan informasi yang nyata, bukan hoax semata.

Aku Bangga Menjadi Agen Of Change


Banyak pengalaman istimewa yang bisa aku rasakan selama menjadi Blogger. Yang aku rasakan terutama dari segi ilmu. Awalnya aku sempat berpikir, hanya orang-orang tertentu yang dapat memublikasikan ide-ide maupun pemikirannya. Namun, ternyata aku salah. Setelah ada seminar yang membahas dunia blogging walau selama satu hari, itu cukup memberikan gambaran kepadaku bahwa Blogger bukan hal yang bisa diremehkan.

Ya, aku bisa menjadi agen of change. Setidaknya, aku mengapresiasi diriku sendiri yang berani terjun didalamnya meskipun lingkungan sekitar pun banyak yang kontra, namun aku percaya, tulisan-tulisanku, dapat menjadi cahaya bagi diriku sendiri, bahkan orang lain. Amin.



Berbicara blog, aku punya 2 blog yang semuanya ber platform Blogger. Yakni www.faisol.id dan blog kesayanganku ini www.jejakbiru.com . Kedua blog ini memiliki skor DA yang lumayan, yakni yang www.faisol.id DA nya 29 dan www.jejakbiru.com DA nya 21. Platform tidak memengaruhi skor DA loh teman, setahu aku selama ini, pemilihan platform tidak berpengaruh untuk peningkatan DA. Mau ber platform WordPress atau Blogger, tidak berpengaruh pada peningkatan skor DA maupun PA, yang memengaruhi adalah indeks backlink yang menuju blog kita

Domain Authority dan Page Authority adalah salah satu skor yang menunjang SEO blog kita, semakin tinggi, maka posisi blog kita di mesin pencari akan semakin kuat. Cara untuk meningkatkannya bisa dengan saling Blogwalking, dengan meninggalkan name/url

Seperti contoh blogku, yang semuanya ber platform Blogger, nyatanya DA nya cukup membanggakan untuk blog yang masih seumur jagung. Nah, kan... Jadi untuk mengupgrade kemampuan kita, bisa dimulai dengan langkah sederhana, yang nantinya bisa membawa kita untuk bisa menjadi Blogger Profesional.



Dengan skor DA PA yang cukup, berarti kita bisa menjadikan blog sebagai sarana berbagi sekaligus passive income. Jadi, di waktu senggang di rumah, disaat teman-teman yang lain pada bermain Mobile Legends, dan game online lainnya, aku pribadi lebih memilih mengupgrade kedua blogku ini. Menulis, lalu ada yang menyukai artikelku, dan bermanfaat bagi orang lain, aku rasa itu adalah waktu senggang yang bukan hanya digunakan untuk kepuasan diri semata, namun lebih dari itu.

Dari dunia blogging, aku belajar bagaimana cara menjadi Blogger yang baik, bagaimana cara menemukan passion yang akan dibahas di blog, bagaimana menemukan jati diri kita yang sesungguhnya. Ini bukan hobi biasa. Ini lebih dari itu. Ya, blogging adalah panggilan hati

Susah nggak sih jadi Pelajar + Blogger ?


Mungkin di luar sana banyak Blogger pelajar yang keren, namun aku ingin berbagi sedikit tentang menjadi Blogger sekaligus pelajar itu. Aku rasa, menjadi Blogger sangat tidak susah, karena dari awal sudah ada niatan menulis, namun terkadang aku yang notabene-nya seorang pelajar, harus bisa membagi waktu antara menulis dan belajar. Dan serunya, aku membiasakan menggunakan waktu senggang di sekolah untuk belajar materi sekolah, entah itu mengerjakan tugas, dan lain sebagainya, sehingga ketika di rumah sudah tidak ada beban.

Jadi, di rumah itulah waktu banyak kuhabiskan untuk menulis. Ya, menulis cerita perjalanan gilaku, menulis ide dan opini yang selalu ingin keluar dari otak ku ini. Kadang juga meningkatkan personal branding dengan sering berinteraksi di grup, ya semua itu proses sosial yang indah. Aku pikir, ini adalah kegiatan yang menyenangkan, dengan rasa kekeluargaan yang erat. Bahkan, dari interaksi itulah, aku mendapat beberapa pengalaman yang berkesan, dan cukup membuatku bahagia. Berikut selengkapnya...

Pengalaman Paling Berkesan


pengalaman yang sangat mengesankan selama jadi Blogger, ya waktu sharing sharing knowledge lah ya, apalagi dalam satu wadah Blogger daerah, itu bisa menjadikan kita merasa "punya saudara" dalam artian saudara se passion. Saling berbagi tips, masukan, dan cerita tentang dunia blogosphere selama kopdar berlangsung. Seru banget deh 

Salah satunya ya job dari teman-teman yang menjadi agency klien-klien atau perusahaan besar. Ya, alhamdulillah berkat koneksi yang kuat, teman-teman suka menghubungi aku via chat langsung, maupun via Gmail, untuk melakukan kerja sama. Ya, aku pribadi ya bersyukur alhamdulillah, karena bisa menambah uang jajan, dan bisa beli kuota sendiri.

Bahkan, aku bisa mendapatkan smartphone sendiri untuk proses belajar yang lebih baik. Terutama aku mengucapkan terimakasih untuk setiap orang yang mendukung kegiatan ngeblog ku, dan selalu setia memberikan masukan, kritik dan saran agar lebih baik kedepannya. Aku percaya, tahun 2019, blogosphere (dunia per blogging-an) akan semakin mendominasi dunia digital, dan harapan kedepannya sih, teman-teman Blogger maupun yang ingin jadi Blogger, janganlah jadikan uang sebagai tujuan kita ngeblog, karena jika tujuan awal kita sudah salah, maka selesailah sudah.

Comments


EmoticonEmoticon


Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done