Selasa, 08 Januari 2019



Bagaimana Cara Mengobati Mabuk Perjalanan ? Di artikel sebelumnya, aku kan sudah menuliskan tentang coban talun, iya yang liburan bareng temen-temen organisasi TOM (Tabilla, OSIS, MPK) nah, waktu kesana temen-temen ada yang mabuk perjalanan, iya muntah muntah gitu, dan alhamdulillah aku nggak sampe muntah. Hampir sih sebenarnya tapi akhirnya tetap bisa aman hingga sampai ke spot wisata. 

Dan temen-temen ku yang mabuk perjalanan jadi teler saat berada di spot wisata. Kan jadi sayang kan... Nah di artikel kali ini aku mau ngupas, sekaligus ngasih tips dan trik sedikit nih, gimana caranya biar kita nggak terkena mabuk perjalanan, ditambah gimana cara mengobati setelah terkena mabuk perjalanan. Yuk simak...

Dalam melakukan traveling, terkadang kita harus menaiki kendaraan umum. Seperti misal jika kalian ingin mengunjungi pantai pasir putih, kalian bisa menaiki angkot yang bisa membawa kalian menuju tempat yang diinginkan. Kalau aku pribadi, sejak kecil sudah mabuk perjalanan, apalagi yang namanya naik bus. Awal mabuk perjalanan itu rasanya pusing pusing banget, perut, otak, indra penciuman, semuanya terasa diobok-obok.


Nah, setelah aku searching nih, ternyata mabuk perjalanan yang aku alami disebabkan oleh penyakit pergerakan atau disebut "motion sickness" yang biasanya memang menyerang orang yang sedang dalam perjalanan, atau bisa juga salah satu kondisi misal sedang naik rollercoaster. Penyakit apa sih Motion Sickness itu ?

Jadi, dalam perjalanan, indra pendengaran dan penglihatan mengirim sinyal ke otak, padahal nyatanya didalam kendaraan, tubuh kita diam, namun sekitar bergerak, berbunyi berbeda, juga bau kendaraan yang khas mengirim sinyal ke otak untuk semakin ingin muntah. So, gampangannya motion sickness itu suatu fenomena dimana sistem penglihatan dan pendengaran bergerak, namun nyatanya tubuh kita diam.

Penyebab utama mabuk kendaraan itu ada 2, yang pertama memang motion sickness, kedua itu karena dari faktor kendaraan itu sendiri. Bau-bau kendaraan menurutku itu khas banget, bau solar yang kadang tercampur aduk dengan bau bau tajam lainnya, like asap rokok, juga parfum yang menyengat. Dan itu membuat situasi dan pemikiran menjadi lebih kacau.

Nah, ada beberapa tips agar kalian tidak terkena mabuk perjalanan, simak ya...

Jangan Membaca / Main Gadget


Diatas tadi saya kan sudah bilang, kondisi motion sickness itu sudah cukup membuat panik, maka dari itu kita diimbau untuk tidak melakukan aktivitas membaca buku, majalah, koran atau apapun. Maupun aktivitas memainkan gadget. Bukan tanpa alasan, main gadget akan membuat kondisi pikiran semakin tidak stabil, dan kepanikan akan meningkat, dan saran aku sih sebenarnya istirahat saja sih, selama perjalanan..

Makan dulu sebelum melakukan perjalanan


Ternyata, perut yang kosong itu sangat memengaruhi kondisi tubuh kita selama berada diatas kendaraan. Perut kosong akan membuat asam lambung naik, dan menyebabkan mual. Menurut informasi yang aku dapetin, makan yang baik sebelum perjalanan adalah dengan selang waktu 1-1.5 jam sebelum perjalanan dimulai. Jangan biarkan perut kosong, agar kesehatan tetap terjaga.

Minum Obat Sebelum Perjalanan


Obat anti mabuk perjalanan itu sangat membantu dalam perjalanan. Jadi, dapat menetralisir rasa mual dan pusing yang hendak menimpa tubuh, dan obat anti mabuk ini dapat menimbulkan efek relaksasi yang mampu menenangkan tubuh agar bisa beristirahat selama perjalanan. Ya, biar bisa tidur dan molor sepanjang perjalanan.

cara mengobati mabuk perjalanan



Oke, kalau sudah terkena mabuk perjalanan, tubuh kita akan lemas dan itu tandanya akan mengganggu aktivitas traveling kita. Untuk mengobatinya, aku kebetulan habis searching, ada salah satu obat yang bisa kalian gunakan sehabis terkena penyakit mabuk perjalanan. Yakni minyak Kutus-Kutus. Minyak Kutus - Kutus asli mampu mengobati berbagai macam penyakit, karena mengandung 49 jenis tanaman herbal, kandungan herbal didalamnya antara lain jinten hitam, temulawak, gaharu, adas, dan komposisi herbal lainnya yang dicampur secara seksama.
   
     
   
 



Cara penggunaannya pun mudah, yakni cukup dioleskan di anggota tubuh yang sedang mengalami sakit. Dan sakit yang bisa diobati oleh Minyak Kutus-Kutus ada banyak loh, misal dapat mengobati vertigo, wasir, sakit gigi, dan penyakit lainnya.
Gimana  nih ? Semoga dengan membaca artikel ini, kita bisa tau Bagaimana Caranya Mengobati Mabuk Perjalanan agar traveling jadi lebih mudah dan nyaman.

Faisol Abrori

9 komentar

Bener banget sol kalau perut kosong itu pemicu mabuk perjalanan. Meski jarang mabuk kalau perut kosong bisa jadi ikutan mual2

REPLY

Saya banget nih, dulu waktu kecil berkali-kali mabuk jika naik bus ataupun mobil.
Soalnya saya suka banget liat jendela dan mengamati benda-benda di samping jalan yang seakan lari ke belakang kita.
Langsung dah keluar semua isi perut hiks

Sekarang sih Ahamdulillah udah gak mabuk, cuman kadang migrain aja kalau sebab-sebab di atas itu dilakukan.
Saya gak bisa liat hape lama-lama di mobil, gak bisa naik mobil dan melakukan perjalanan panjang tapi belum keisi perutnya.

Btw saya baru tau dong minyak kutus-kutus ini, lucu juga namanya hehehe
Boleh deh dicoba untuk bepergian :)

REPLY

Alhamdulillah selama naik kendaraan umum belum mabuk sama sekali. Tipsnya saya cuma memastikan tubuh dalam kondisi yang benar-benar bugar...

REPLY

Saya malah kalau mau jalan naik mobil, saya biasain perut dalam keadaan kosong.karena kalau perut kosong jadi pas dikendaraan perut gak kayak dikocok-kocok.

REPLY

Ini pas dioleskan..bau nya menyengat gak mas..? Ada batasan usia gak dalam menggunakan minyak ini?

REPLY

Info baru nih. Minyak kutus2. Hehe

Maksi infonya bang

REPLY

Pantas saja kalau saya lagi main hp di dalam kendaran, perut terasa ngga enak. Terima kasih ya infonya :)

REPLY

Perlu dicoba nih, kadang kalau perjalanan jauh saya suka pusing dan mual akibat masuk angin, sepertinya saya perlu pakai Minyak Kutus-kutus untuk menemani perjalanan saya.

REPLY

Lebih manjur dr obat tidur ga nih? Mabok perjalanan memang meyiksa.

REPLY

Jejak Biru . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates